Nama : Widyastuti
Npm :18510500
kelas : 4PA05
Pengertian
Sistem Informasi Berbasis Komputer
Sistem Informasi Berbasis
Komputer atau Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem
pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat
dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan,
koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. Beberapa istilah yang
terkait dengan CBIS antara lain adalah data, informasi, sistem, sistem
informasi dan basis komputer.
Informasi disajikan dalam
bentuk lisan maupun tertulis oleh suatu pengolah informasi. Pada bagian
pengolahan dengan komputer terdiri dari lima bidang yakni SIA, SIM, DSS, kantor
virtual dan sistem berbasis pengetahuan. Hal tersebut dinamakan dengan sistem
informasi berbasis komputer (komputer based information sistem).
Sistem informasi berbasis
computer memiliki serangkaian sub di antaranya :
1.
Sistem
Informasi Akuntansi :
Sistem informasi akuntansi adalah sistem informasi yang menjadi
acuan dalam sistem informasi formal lainnya, seperti sumber daya manusia,
keuangan, pemasaran, peralatan, catatan-catatan dan laporan guna memberikan
informasi pada suatu perusahaan (Wilkinson, Baridwan & Mulyadi).
Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara
lain :
·
Mengumpulkan dan menyimpan
data tentang aktivitas dan transaksi.
·
Memproses data menjadi into
informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
·
Melakukan kontrol secara
tepat terhadap aset organisasi.
2.
Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah sistem informasi berbasis
computer yang menyediakan informasi untuk mendukung kebutuhan manajemen
(Febrian, McLeod & Schell). Meskipun demikian, masih dalam
buku yang sama dinyatakan bahwa MIS adalah kumpulan manusia dan sumber daya di
dalam sebuah organisasi yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan dan memproses
data untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen
dalam aktivitias perencanaan dan pengendalian.
Tujuan umum Sistem Informasi Manajemen :
Menyediakan informasi yang
dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain
yang diinginkan manajemen.
Menyediakan informasi yang
dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan
berkelanjutan.
Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
3.
Sistem Pendukung Keputusan (SPK)
Sistem Pendukung Keputusan adalah suatu sistem informasi berbasis
komputer yang menghasilkan berbagai alternatif keputusan untuk membantu
manajemen dalam menangani berbagai permasalahan yang terstruktur ataupun tidak
terstruktur dengan menggunakan data dan model .
4.
Office automation ialah penggunaan alat elektronik untuk
memudahkan komunikasi formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi
informasi dengan orang-orang di dalam dan di luar perusahaan untuk meningkatkan
produktivitas kerja. Awalnya penggunaan office
automation atau otomatisasi kantor hanya terbatas pada kalangan pabrik
industry saja. Namun, saat ini penggunaanny sudah menyebar hingga kalangan
perkantoran. Otomatisasi kantor dimulai pada tahun 1964, ketika IBM memasarkan
mesin yang disebut Magnetic Tape /
Selectric Typewriter ( MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik
kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis.
Office Automation (OA) System
mendukung pekerjaan pada suatu perusahaan secara luas, biasanya digunakan untuk
meningkatkan aliran pekerjaan dan komunikasi antar sesama pekerja, tidak peduli
apakah pekerja tadi berada di satu lokasi yang sama ataupun tidak.
Tujuan dari office automation ialah :
Y Membantu
kegiatan sekertariat dan karyawan administrasi
Y Menaikkan
produktifitas
Y Membantu
memfasilitasi komunikasi formal dan informal atar karyawan di dalam dan di luar
organisasi
Y Mengurangi
penghentian kerja
Y Pengurangan
biaya peralatan
Ada beberapa
jenis aplikasi yang digunakan dalam office automation, diantaranya ialah :
1)
Pengolah Kata
Merupakan aplikasi yang biasa digunakan untuk
mengolah data tertulis, sehingga memungkinkan manajer menyiapkan komunikasi
tertulis yang lebih efektif.
2) Surat Elektronik
Tujuan digunakannya surat elektronik ialah untuk
mempermudah manajer berkomunikasi secara cepat dan mudah dengan orang lain.
Surat elektronik atau biasa disebut email efektif jika tidak diperlukan
percakapan 2 arah dan jika penyampaian pesan berjarak jauh.
3) Voice Mail
Syarat utama agar setiap karyawan dapat berkirim
pesan melalui voice mail ialah setiap orang harus mempunyai voice mailbox
sebagai penerima pesan. Selain itu diperlukan komputer dengan kemampuan
menyimpanan pesan audio dalam bentuk digital dan kemudian merubahnya kembali
menjadi pesan audio ketika pesan tersebut dipanggil. Keuntungan dari voice mail
ini ialah manajer tidak perlu mengetik pesan yang akan disampaikan.
4) Kalender
Elektronik atau Electronic Calendering
Electronic calendering merupakan penggunaan
jaringan komputer untuk menyimpan dan mengambil kalender pertemuan.
5.
Sistem Pakar
Secara umum, sistem pakar (expert system) adalah
sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer
dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli. Sistem
pakar yang baik dirancang agar dapat menyelelasikan suatu permasalahan tertentu
dengan meniru kerja dari para ahli. Dengan sistem pakar ini, orang awampun
dapat menyelesaikan masalah yang cukup rumit yang sebenarnya hanya dapat
diselesaikan dengan bantuan para ahli. Bagi para ahli, sistem pakar ini juga
akan membantu aktivitasnya sebagai asisten yang sangat berpengalaman.
Menurut Efraim Turban, konsep dasar sistem pakar
mengandung : keahlian, ahli, pengalihan keahlian, inferensi, aturan dan
kemampuan menjelaskan. Keahlian adalah suatu kelebihan penguasaan pengetahuan
di bidang tertentu yang diperoleh dari pelatihan, membaca atau pengalaman.
contoh sistem pakar
Y
MYCIN : Diagnosa penyakit
Y
DENDRAL : Mengidentifikasi struktur
molekular campuran yang tak dikenal
Y
XCON & XSEL : Membantu
konfigurasi sistem komputer besar.
Y
SOPHIE : Analisis sirkit
elektronik
widyo.staff.gunadarma.ac.id
mantap..
BalasHapus